Rektor Unkhair Lantik Nurprihatina Hasan sebagai Dekan FIB Periode 2022-2026

Prosesi pelantikan Dekan FIB Unkhair yang baru

FIB Unkhair – Senin (28/3/2022), Rektor Universitas Khairun (Unkhair), Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum melantik Dra. Nurprihatina Hasan, M.Hum sebagai dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Unkhair untuk masa jabatan 2022-2026. Pelantikan yang dilangsungkan sekira pukul 15.00 WIT di Aula Nuku, Gedung Rektorat Unkhair itu berlangsung khidmat.

Usai kegiatan pelantikan dan sumpah jabatan, Rektor Unkhair mengharapkan kepada para pimpinan di lingkup Unkhair, termasuk dekan FIB yang baru saja dilantik untuk mengadaptasi berbagai peraturan yang baru dikeluarkan dan berbagai fenomena baru yang sedang dihadapi saat ini. “Saat ini kita berhadapan dengan hal-hal baru. Ada program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), IKU (Indikator Kinerja Utama), dan lain-lain.  Untuk itu, kepemimpinan kita sekarang harus disesuaikan. Kita menghadapi aturan yang mengharuskan kita tidak saja melihat mahasiswa sekadar objek semata tetapi sebagi subjek. Contohnya, dulu kalau penelitian, dosen sendiri saja tidak jadi masalah, tetapi sekarang harus kita libatkan mahasiswa,” terangnya.  

Menurutnya, saat ini Universitas diberi tanggung jawab yang besar tidak sekadar menciptakan lulusan sarjana tetapi juga harus memberi pengalaman kepada mahasiswa. Untuk itu, perlu adanya kerja sama berbagai pihak untuk menunaikan permintaan seperti ini. “Mahasiswa kita sebelum lulus diharapkan punya pengalaman, dan kita yang disuruh mencarikan pengalaman-pengalaman itu. Untuk itu, kita harus bekerja sama dengan berbagai pihak agar mahasiswa kita diberikan kesempatan menimba pengalaman,” imbuhnya.

Tidak hanya sampai di situ, lanjut M. Ridha Ajam, semua universitas juga diberi tanggung jawab untuk dapat memastikan setiap lulusan segera mendapatkan pekerjaan. “Kita juga diminta utk memastikan dalam waktu 6 bulan setelah lulus, lulusan kita harus sudah dapat pekerjaan, kalau tidak kita lagi yang disalahkan,” imbuhnya, lagi.

Baginya, berbagai hal yang telah dijelaskannya bukan sekadar tantangan untuk Rektor, pimpinan universitas, atau dekan di lingkup Unkhair, tetapi juga menjadi tanggung jawab semua koordinator setiap program studi dan para dosen. Semua pihak perlu bahu membahu untuk mewujudkan berbagai tantangan di atas. “Untuk menjadi baik, kita tidak perlu jadi malaikat, cukup jadi manusia. Kalau kita berbuat baik untuk orang-orang di sekitar kita maka kita akan menjadi malaikat bagi mereka,” nasihatnya dilanjutkan dengan memberi ucapan selamat kepada Dekan FIB yang baru dilantik dan ucapan terima kasih kepada dekan FIB dua periode sebelumnya, Drs. Fachmi Alhadar, M.Hum.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.