Calon Dekan FIB Unkhair Dorong Visi Unggul dalam Pengembangan Kebudayaan Berbasis Kepulauan dan Kemajemukan

Dra. Nurprihatina Hasan, M.Hum saat menyampaikan visi-misi

FIB Unkhair – Jumat (11/3/2022) Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Khairun (Unkhair) menggelar kegiatan penyampaian visi dan misi calon dekan FIB periode 2022-2026. Pada kesempatan penyampaian itu,  calon tunggal Dekan FIB, Dra Nurprihatina Hasan, M.Hum., mendorong visi “menjadikan Fakultas Ilmu Budaya yang unggul dalam pengembangan kebudayaan (bahasa, sastra, sejarah, dan kepariwisataan) di kawasan timur, nasional, regional berbasis kepulauan dan kemajemukan.

Menurutnya, visi ini sangat penting karena Maluku Utara adalah daerah dengan masyarakat dan budaya yang sangat beragam dan berada di wilayah yang secara geografis berkarakteristik kepulauan. Untuk itu, sebagai Fakultas Ilmu Budaya, visi ini penting didorong agar kedepan Fakultas yang membahwahi lima jurusan ini dapat mengembangkan kebudayaan Maluku Utara.

Untuk mendukung visi di atas, Ibu Ina, sapaan akrab Nurprihatina Hasan, menjabarkan lima misi yang dapat dilakukan selama masa kepemimpinannya nanti. Kelima misi tersebut adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. Mengembangkan penelitian kebudayaan (bahasa, sastra, sejarah, dan kepariwisataan) yang bercirikan kearifan lokal Maluku Utara untuk kemanusiaan dan kesejahteraan;
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan masyarakat;
  4. Menyelenggarakan tata kelola fakultas yang transparan, akuntabel, responsive, dan partisipatif berbasis teknologi secara integrasi;
  5. Menyediakan saran-prasarana yang memadai dan berkualitas.

Dari misi tersebut, Ibu Ina kemudian mencetuskan sejumlah program kerja yang akan dilaksanakan selama empat tahun kepemimpinannya. Program-program kerja itu merupakan ikhtiar yang akan dilakukan untuk merealisasikan visi misi yang telah dikemukakan di hadapan para dosen, mahasiswa, dan tamu undangan yang hadir pada kegiatan penyampaian visi-misi calon dekan FIB Unkhair itu.

Sekadar diketahui, kegiatan penyampaian visi-misi calon dekan FIB yang digelar di Aula FIB itu dihadiri langsung oleh Rektor Unkhair, M. Ridha Ajam, dan beberapa pejabat di lingkungan Unkhair seperti Wakil Rektor I, Hasan Hamid; Wakil Rektor III, Abdul Kadir Kamaluddin; Dekan Teknik, Endah Harisun; dan Dekan Pertanian, Lily Ishak. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri mantan rektor Unkhair, Prof. Gufran Ali Ibrahim, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate dan Kepala Kesbangpol Kota Ternate.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.