Wakili Unkhair, Sasindo Optimis Juara Debat Tahun Depan

FIB UNHAIR – Seperti bahasa Inggris, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mulai tahun ini (2018) juga menyelenggarakan debat mahasiswa Indonesia. Kegiatan yang akan dilaksanakan setiap tahun ini memiliki beberapa tujuan, dua di antaranya adalah (1) meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia lisan dan tulisan, dan menciptakan kompetisi yang sehat antar mahasiswa; (2) mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis.

Pada kesempatan pertama debat tahun ini, Universitas Khairun mengirimkan satu tim untuk mengikuti debat mahasiswa Indonesia di regional XII, Ambon. Tim ini beranggotakan tiga orang mahasiswa yang berasal dari Program Studi Sastra Indonesia (Sasindo), Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Ketiga orang tersebut adalah Darmawati Akuba, Fitri Haras, dan Ridwan.

“Alhamdulillah kita (Unkhair) masuk harapan ketiga,” ucap Dr. Arlina, pendamping debat dari Unkhair.

Menurut Arlina, harapan tiga pada debat pertama ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan karena keterlibatan Unkhair pada ajang debat pertama ini tidak ada kesiapan yang mumpuni. “Kampus lain yang jadi peserta debat, persiapannya lebih baik jadi wajar kalau mereka menang,” aku alumni program doktor Universitas Gadjah Mada tersebut.

Senada, Ketua Program Studi Sastra Indonesia, Ridwan, mengaku mahasiswa Sastra Indonesia yang mewakili Unkhair memang tidak memiliki persiapan yang baik. Meskipun begitu, ia optimis Unkhair akan lebih baik di tahun berikut jika mahasiswa Sasindo masih diberi kepercayaan untuk mewakili Unkhair. “Alhandulillah ini bagian dari awal keauksesan,” katanya optimis. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *