Sasindo dan Kantor Bahasa Malut Jalin Kerja Sama Penelitian

FIB, UNKHAIR – Program Studi Sastra Indonesia (Sasindo), Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Khairun dan Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara (Malut) menjalin kerja sama penelitian di bidang bahasa dan sastra daerah. Kesepakatan kerja sama ini dilakukan di Kantor Bahasa pada hari Jumat (10/01) dan dihadiri seluruh dosen Sasindo Pegawai Kantor Bahasa.

Ridwan, ketua Prodi Sastra Indonesia, mengaku memboyong semua dosen Program Studi Sastra Indonesia dalam kerja sama penelitian tersebut karena kerja sama ini dilakukan antarinstitusi. Untuk itu, ia memiliki tanggungjawab untuk mengakomodir dosen-dosen sastra Indonesia. “Kerjasama ini pertama kalinya Sastra Indonesia dengan Kantor Bahasa yang melibatkan semua dosen Sasindo,” akunya.

Kerjasama penelitian akan dilakukan di beberapa kabupaten/kota, yaitu Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Utara, dan Halmahera Selatan. “Untuk penelitian bahasa fokus pada kekerabatan bahasa, dialektologi bahasa daerah, dan vitalitas bahasa daerah,” sebutnya.

Sedangkan penelitian sastra daerah, lanjut Ridwan, akan dilakukan di beberapa daerah seperti Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Tengah, dan Halmahera Utara. “Untuk Sastra daerah kita akan fokus pada  pemetaan sastra, revitalisasi, konservasi, dan kajian nilai dan fungsi sastra,” imbuhnya.

Kegiatan penelitian ini direncanakan akan dilangsungkan pada bulan Februari sampai pada bulan Juli 2020. Sebelum penelitian, kata Ridwan, akan diawali dengan seminar proposal yang direncanakan pada tanggal 4 Februari tahun 2020. “Sedangkan turun ke lapangan mulai 18 Februari 2020. Pada pelaksanaan seminar rencana dengan menghadirkan pakar bahasa Prof. Dr. Mahsun dan Dr. Burhanuddin dari Unram (Universitas Mataram), sedangkan pakar sastra akan dihadirkan dekan FIB Unkhair Drs. Fachmi Alhadar, M.Hum.,” kata pria yang pernah melakukan penelitian bahasa-bahasa di pulau terluar Maluku Utara ini.

Terkait dengan pendanan, Ridwan mengaku akan disponsori oleh Kantor Bahasa Maluku Utara dengan menggunakan alokasi anggaran penelitian tahun 2020. “Semoga penelitian ini bisa menghasilkan laporan dan luaran yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan dapat dijadikan referensi bagi peneliti berikutnya,” harapnya.

Kerjasama yang dilakukan antara Sastra Indonesia dan Kantor Bahasa Malut ini sangat didukung dan diberikan apresiasi oleh dekan FIB Unkhair. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *