Prodi Sejarah Unkhair Kembali Salurkan Daging Kurban


FIB Unkhair – Seperti tahun-tahun sebelumnya, iduladha tahun 2022 ini Program Studi (Prodi) Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Khairun (Unkhair) kembali menyalurkan daging kurban kepada sejumlah pihak.  “Tahun ini panitia Idul kurban Prodi Ilmu Sejarah Unkhair berhasil mendapatkan 3 ekor sapi. Ini diperoleh dari hasil sumbangan dari sejumlah pihak, baik yang ada di dalam FIB atau Unkhair mapun pihak lain di luar kampus yang turut berpartisipasi dalam pembelian hewan kurban ini,” sebut Junaib Umar, ketua Panitia Kurban, Prodi Ilmu Sejarah.

Jainul Yusuf dan Junaib Umar

Penyembelian hewan kurban ini dipusatkan di pelataran FIB Unkhair. Usai penyembelihan, daging kurban dipotong-potong per 1 kg dan dikemas dalam kantong plastik untuk disebarkan kepada beberapa pihak yang menjadi target penyaluran daging kurban ini. “Daging kurban ini kita bagikan ke beberapa panti asuhan, pegawai honorer, petugas kebersihan di kampus, mahasiswa FIB per prodi 9 orang, dan beberapa warga di sekitar kampus Unkhair Gambesi,” imbuh Junaib.

Sementara itu, Jainul Yusup, koordinator Prodi Ilmu Sejarah, mengaku penyembelian hewan kurban ini sudah menjadi agenda tahunan Prodi Ilmu Sejarah FIB Unkhair. Selama menjabat Koordinator Prodi, kata Jainul, ia akan berupaya bersama temna-teman dosen lainnya untuk melaksanakan penyaluran hewan kurban tersebut. “Ini sudah tahun ketiga,” katanya.

Salah satu penerima daging kurban dari Koordinator Prodi Ilmu Sejarah

Penyaluran hewan kurban pada tahun-tahun mendatang, lanjut Anul, begitu sapaan Jainul Yusuf, akan dilakukan dengan cara disalurkan ke masyarakat di kampung-kampung yang sudah ditetapkan. Penyaluran hewan kurban tidak lagi dilakukan dengan cara disembelih di kampus lalu dibagi ke penerima yang berhak. “Kalaupun ada yang disembelih di Kampus, mungkin 1 ekor saja untuk para dermawan yang telah menyumbang dan beberapa pihak di lingkup FIB. Rencana penyaluran ke kampung-kampung ini sekaligus memperkenalkan Ilmu Sejarah Unkhair kepada masyarakat secara luas,” pungkasnya.