Mahasiswa FIB Unkhair Terpilih Jadi Duta Wisata Indonesia Timur

Zulkifli M. Ahmad, Duta Wisata Indonesia Timur
Zulkifli M. Ahmad, Duta Wisata Indonesia Timur

FIB Unkhair – Semangat Zulkifli M. Ahmad, mahasiswa Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Khairun (Unkhair) tampaknya tidak pernah surut dalam mengejar berbagai prestasi, baik pada bidang yang ia tekuni atau bidang lain yang ia senangi. Kiff, begitu sapaannya, baru saja ditetapkan sebagai duta Putra Wisata Kepulauan Indonesia Berbasis Pabean dalam ajang pemilihan Putra-Putri Wisata Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 27, Maret (2021) baru-baru ini.

Betly Taghulihi, pendamping Zulkifli dalam mengikuti kegiatan tersebut mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh salah satu mahasiswa dari Unkhair yang secara langsung juga mewakili provinsi Maluku Utara dalam ajang bergengsi tersebut. “Semoga kedepan ada perwakilan dari Maluku Utara yang bisa berkompetisi di tingkat nasional seperti ini. Kita harus tunjukkan bahwa anak-anak dari Maluku Utara juga tidak kalah berkualitas sama seperti daerah-daerah lain,” harap pengajar Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) itu.

Tugas pemenang atau duta wisata yang telah ditetapkan, lanjut Betly, berkewajiban untuk mempromosikan pariwisata di wilayah Indonesia timur, termasuk di dalamnya adalah Maluku Utara. “Tugas mereka (para duta) mempromosikan potensi wisata di daerah masing-masing. Untuk Zulkifli, karena dia duta wisata Indonesia timur maka tugasnya harus mempromosikan pariwisata Indonesia Timur,” imbuhnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Berkads ini berlangsung sekali setahun. Untuk itu, Betly berharap, generasi muda Maluku Utara, terutama Mahasiswa di lingkungan Unkhair untuk menyiapkan diri dalam rangka mengikuti kegiatan ini tahun depan. “Ada banyak pengalaman dan pengetahuan yang di dapat dari mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini. Untuk itu, perlu menyiapkan diri dari sekarang karena semua orang berpeluang untuk berangkat ke Jakarta mengikuti ajang ini,”

Zulkifli Ahmad, Duta Wisata Indonesia Timur bersama pendampingnya, Betly Taghulihi
Zulkifli Ahmad, Duta Wisata Indonesia Timur bersama pendampingnya, Betly Taghulihi

Hal penting yang perlu disiapkan, menurut Betly, adalah selain pengetahuan kebudayaan secara umum, perlu juga meningkatkan pengetahuan tentang kebudayaan daerah dan pariwisata di Maluku Utara. Pasalnya, pada saat mendaftar, ada tahapan yang akan dilalui oleh setiap peserta untuk memaparkan makalah dan membuat video tentang pariwisata Maluku Utara. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *