FIB Unkhair Tingkatkan Kepedulian dengan Berkurban

FIB Unkhair – Sudah menjadi rutinitas tahunan ketika datang Iduladha, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Khairun (Unkhair) menyelenggarakan kegiatan penyembelian hewan kurban. Tahun ini (2024), FIB kembali menyembeli 3 ekor sapi untuk dibagikan beberapa pihak. Kegiatan penyebelian ini dilangsungkan di pelataran FIB Unkhair, Selasa (18/6/2024) pagi.

Dra. Nurpihatina Hasan, M.Hum., dekan FIB Unkhair mengatakan bahwa pelaksanaan kurban ini tidak sekadar urusan ritual, lebih dari itu adalah berbagi kebahagian dan kepedulian kepada sesama manusia. “Berbagi adalah cara memuliakan orang lain, dan dengan cara itu sebenarnya kita secara tidak langsung menyatakan rasa syukur kita terahadap segala yang telah dilimpahkan Allah kepada kita,” terangnnya.

Baginya rutinitas tahunan seperti ini perlu dirawat, karena kegiatan seperti ini merupakan bentuk merawat kepedulian terhadap sesama, terutama mahasiswa yang kuliah di FIB dan hidup jauh dari orang tua mereka. “Pada momentum seperti ini, berbagi daging kurban adalah cara sederhana merayakan hari raya kurban,” imbuhnya.

Mewakili Dekan, Ridwan, S.Pd., M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan secara simbolis menyerahkan danging kurban kepada mahasiswa FIB Unkhair

Sementara itu, ketua Panitia Kurban, FIB Unkhair, Junaib Umar, S.S., M.Si., mengatakan bahwa kegiatan kurban ini diperuntukkan beberapa pihak. Untuk lingkungan kampus, daging kurban diperuntukkan untuk mahasiswa FIB, tenaga honorer dan petugas kebersihan yang bekerja di FIB Unkhair. “Untuk mahasiswa, ada yang dari Prodi Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Ilmu Sejarah, Antropologi, dan UPW (Usaha Perjalanan Wisata),” sebutnya.

Selain itu, daging kurban juga dibagi ke beberapa pihak di luar kampus, yakni para janda yang berdomisili di sekitar kampus dan panti asuhan yang ada di kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate. “Janda di Kota Ternate ini memang cukup banyak, tapi hewan kurban masih terbatas jadi kita utamakan janda yang tinggal di dekat kampus,” tambah Pak Jun, begitu sapaan karib Junaib Umar.

Menurut Pak Jun, hewan kurban yang disediakan FIB Unkhair tahun ini sebanyak 3 ekor sapi berkat dukungan materi dari berbagai pihak. “Ada yang dari dosen FIB Unkhair, ada yang dari fakultas lain, begitu juga ada dari teman-teman kami di luar kampus juga ikut gabung. Semoga daging kurban yang dibagikan bisa bermanfaat dan berkah untuk kita semua,” pungkas dosen Prodi Ilmu Sejarah, FIB Unkhair ini. (*)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× How can I help you?