Dosen Sasindo Unkhair Menyutradarai Pementasan Sastra Daerah Halbar

Wildan, Dosen Sasindo Unkhair, sedang melatih peserta
Wildan, Dosen Sasindo Unkhair, sedang melatih peserta

FIB, Unkhair – Dua orang dosen pada program Studi Sastra Indonesia (Sasindo), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Khairun (Unkhair) diundang Kantor Bahasa Maluku Utara untuk melatih dan menyutradarai kegiatan pementasan sastra daerah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).  Keduanya adalah Wildan, S.S., M.Hum. dan Ridwan, S.Pd., M.Pd.

Koordinator Program Studi Sastra Indonesia, Ridwan mengatakan bahwa kegiatan pelatihan dan pementasan yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Maluku Utara merupakan program konservasi sastra daerah. “Kami berdua, saya dan pak Wildan diundang untuk melatih 10 siswa dari berbagai SMA atau sederajat di Halmahera Barat untuk mendongeng, berpuisi, dan berpantun,” katanya.

Dongeng, puisi, dan pantun yang dilatih selama tanggal 9 Oktober sampai dengan 14 Oktober 2020 itu dalam bahasa-bahasa daerah di Halbar. “Mendongeng dalam bahasa Sahu dan Tabaru, puisi dengan bahasa Sahu, Ternate, dan Wayoli, serta berpantun dengan bahasa Sahu dan Ternate,” sebut Ridwan.

Ada beberapa materi pelatihan yang diajarkan oleh kedua maestro pertunjukan dari FIB itu, di antaranya adalah pengolahan naskah pertunjukan, olah tubuh, olah vokal, olah rasa, dan tes peminatan bakat.

Di puncak kegiatan yang mengangkat tema “Menajalin Indonesia di Maluku Utara” dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halmahera Barat, Pilemon Piuw itu dilakukan pementasan oleh peserta pelatihan yang telah dilatih. Pementasannnya disiarkan secara live melalui FB (facebook), zoom, dan Youtube Kantor Bahasa Maluku Utara. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *