Tujuan dan Sasaran

Tujuan

  1. Melahirkan sarjana-sarjana sastra yang humanis dan berkeadaban serta berorientasi pada peningkatan kecakapan dan kecerdasan berbahasa dan bersastra, peningkatan kecakapan dan kecerdasan dalam membaca perubahan sejarah, dan selalu menjadikan kemajemukan sebagai bagian dari masa depan yang berasab.
  2. Menciptakan peneliti-peneliti kebahasaan, kesusastraan, kesejarahan, dan kebudayaan yang berlandaskan pada nilai-nilai kemanusiaan, keberadaban, dan kemajemukan.
  3. Mewujudkan organisasi dan kelembagaan fakultas yang berorientasi pada penjaminan mutu.
  4. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia dari sudut pandang berbahasa dan kemampuan memahami sejarah sebagai bagian dari upaya mempersiapkan masa depan yang lebih beradab

Sasaran

  1. Menyelenggarakan pendidikan dibidang sastra dan budaya sesuai dengan kondisi sumberdaya kebudayaan dan pembagunan di Maluku Utara berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  2. Meningkatkan prestasi akademik yang dapat mendorong alumni Fakultas Sastra dan Budaya agar dapat bersaing dan terserap dipasar kerja.
  3. Mengefektifkan kegiatan penelitian mahasiswa melalui lomba karya tulis ilmiah mahasiswa.
  4. Memfasilitasi pengembangan bakat dan minat, serta pengadaan sarana dan prasarana berkesenian (seni, sastra, dan budaya) pada mahasiswa.
  5. Memberikan kesempatan seluas mungkin bagi pengembangan profesionalisme akademik kepada para dosen sesuai dengan bidang ilmu masing-masing, seperti pendidikan dan pelatihan, magang, dan studi lanjut.
  6. Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja pada setiap akhir semester untuk penyusunan database perkembangan dan kemajuan proses belajar mengajar mahasiswa dengan format baku.
  7. Pengembangan jaringan kerjasama dan kemitraan, baik ditingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  8. Melaksanakan rehabilitasi sarana dan prasarana perkuliahan serta perkantoran fakultas secara bertahap.
  9. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan aplikasi hasil penelitian melalui pendidikan dan pelatihan lanjutan.
  10. Memotivasi tenaga dosen untuk melakukan penelitian dan publikasi sebagai sumber informasi dan pembelajaran.