Dekan FIB Serahkan Dokumen PPKD Kepada Kadisbud Ternate

........

FIB, UNKHAIR – Hari minggu sore (12/5/2018), sejumlah dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Khairun (Unkhair) Ternate yang tergabung dalam Yayasan The Tebings menginisiasi kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama seluruh komunitas kebudayaan di Ternate. Kegiatan ini dirangkaikan dengan penyerahan dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan (PPKD) dari Dekan FIB, Drs. Fachmi Alhadar, M.Hum. kepada Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Ternate, Ir. Arifin Umasangadji, MTP.

Dekan FIB didaulat untuk menyerahkan dokumen PPKD tersebut karena semua tim penyusunnya adalah dosen FIB, Unkhair. “Secara institusi, Dekan sebagai pimpinan kami di FIB. Untuk Itu, beliau yang diminta untuk menyerahkan dokumen tersebut,” kata ketua Yayasan The Tebings, Safrudin Abdulrahman, S.Sos., M.A.

PPKD adalah salah satu perintah Undang-Undang No 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan  yang mewajibkan kepada setiap pemerintah daerah untuk menyusun dokumen tersebut. Pada dokumen ini, setiap daerah mencatat keragaman kebudayaannya sekaigus menganalisis berbagai persoalan yang melatarinya. Setelah masalahnya ditemukan, tim penyusun merumuskan rekomendasi yang diejawantahkan kedalam bentuk program.

Pada setiap rekomendasi, sesuai dengan undang-undang tersebut, setidaknya ada empat kata kunci yang harus menyertainya, yaitu pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan. “Saat ini, bagi saya kita harus perioritaskan pelindungan karena kata kunci ini berbicara tentang upaya menjaga keberlanjutan Kebudayaan yang dilakukan dengan cara inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, penyelamatan, dan publikasi. Jika tidak demikian, maka kebudayaan kita akan hilang dan generasi kita tidak tahu apa-apa,” jelas Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum, ketua Pembina Yayasan The Tebings pada saat menyampaikan sambutannya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *