Lab. Bahasa FIB Selenggarakan Beasiswa dari US Embassy

FIB, UNKHAIR – Keduataan Besar Amerika untuk Indonesia, melalui bidang Regional English Language Office (RELO) menyelenggarakan beasiswa micro-sholarship. Beasiswa ini diberi nama “Acces”. “Kerja sama ini dilakukan dengan cara pihak Keduataan menyediakan finansialnya, sementara Unkhair melalui UPT Bahasa, sebagai penyelenggara kegiatan ini sekaligus menyediakan pengajarnya. Pengajar yang dipilih dilatih terlebih dahulu oleh RELO bekerja sama dengan IIEF (Indonesian International education Foundation),” kata Sutisno Adam, Kepala Lab. Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Unkhair.

Dosen tetap Sastra Inggris itu menjelaskan bahwa, program beasiswa ini diperuntukkan 40 siswa tingkat menengah atas (SMA) di Ternate dengan durasi waktu 2 tahun. “Mereka (siswa) akan belajar bahasa Inggris di luar jam sekolah. Siswa yang terpilih dalam beasiswa ini mendapat pengganti transportasi,” katanya

Menurutnya, program ini bertujuan memberikan bekal bahasa Inggris kepada siswa-siswi tingkat menengah atas di Ternate agar dapat berkompetisi masuk perguruan tinggi di luar negeri. “Selama ini salah satu kendala yang sering dihadapi oleh anak-anak yang hendak kuliah adalah bahasa Inggris. Untuk itu, melalui beasiswa ini, kita bantu anak-anak agar memiliki bekal bahassa Inggris yang mumpuni,” terangnya.

Siswa yang terlibat dalam beasiswa ini diseleksi berdasarkan tingkat kemampuan ekonomi masyarakat. “Kita cari siswa yang kurang mampu secara ekonomi tapi memiliki kemauan. Yang punya kemauan itu yang diutamakan,” sebutnya sembari menambahkan bahwa saat ini para siswa-siswi telah dipilih dan dalam waktu dekat proses belajar-mengajar akan dilaksanakan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *