Dosen FIB Terima Pengharagaan dari Mendikbud

FIB, UNKHAIR – Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Unkhair, Andi Sumar Karman dan Wildan, masuk sebagai penulis terpilih pada sayembara nasional untuk bahan literasi tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah. Atas prestasi itu, kedua pria lulusan Universitas Gadja Mada itu mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Indonesia, Muhadjir Effendi, beberapa hari lalu. Penghargaan yang didapat berupa uang tunai dan plakat.

Andi mengisahkan, di awal tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Pusat Pembinaan Bahasa, menyelenggarakan sayembara dalam lima topik, di antaranya adalah (1) landscape perubahan masyarakat perdesaan dan perkotaan, (2) arsitektur tradisional, dan (3) cerita rakyat. Sekira 700-an naskah yang terkumpul pada sayembara itu. Oleh tim penilia, jumlah itu diperkecil untuk mencari 500-an naskah dan akhirnya difinalisasi menjadi 71 naskah terpilih. “Saya masuk dalam 71 naskah yang terpilih itu. Tulisan saya masuk dalam topik  landscape perubahan masyarakat perdesaan dan perkotaan. Kalau Pak Wildan masuk dalam kategori cerita rakyat,” sebutnya.

Menurut Andi, tulisannya terinspirasi dari konflik horizontal yang pernah menimpa Maluku Utara. Dengan seting lokasi di Halmahera Tengah, ia menautkan beberapa kisah menjadi cerita menarik yang diberi judul Masih Ada Bindatang di Halmahera. “Pesan dari cerita ini adalah, jangan mudah percaya pada hasutan, selalu menjaga keharmonisan, dan hidup berdampingan,” terang (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *