Kuliah Bersama Staf Ahli Dirjenbud dan Kepala BPCB Maluku Utara

Info Fakultas

FIB, UNKHAIR – Kata pepatah, kesempatan tidak akan datang kedua kali. Pepatah ini benar-benar dipraktikkan sivitas akademika Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Khairun.  Kedatangan staf ahli Direktorat Jendral Kebudayaan  (Dirjenbud), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Idham Bachtiar Setiadi, Ph.D., di Maluku Utara dimanfaatkan dengan baik. Pria yang juga sebagai ketua Asosiasi Antropologi Indonesi (AAI) itu diundang FIB untuk memberikan sekilas pandang tentang “Peran Antropologi dan Kebijakan Kebudayaan Indonesia”. Kegiatan ini dilangsungkan di ruang serbaguna FIB, selasa (9/10/2018).

Dekan FIB, Drs. Fachmi Alhadar, M.Hum., menuturkan bahwa kuliah tamu adalah salah satu kebutuhan kampus. Betapa tidak, pengetahuan dan berbagai pengalaman-pengalaman baru bisa didapat melalui kuliah seperti ini. “Apalagi ini staf ahli Dirjen Kebudayaan, jadi kebijakan-kebijakan kebudayaan bisa disampaikan kepada mahasiswa sehingga ada gambaran tentang bangunan kebudayaan Indonesia,” tuturnya.

Setali, Moderator kuliah tamu yang juga sebagai Waki Dekan Bidang Kemahasiswaan, Andi Sumar-Karman, S.Sos., M.A., mengungkapkan bahwa selama ini keresahan para orang tua dan mahasiswa adalah tentang prospek hidup di masa mendatang. “Kuliah dengan topik  (Peran Antropologi dan Kebijakan Kebudayaan Indonesia) ini selain memberikan gambaran tentang kebijakan pembangunan kebudayaan Indonesia, juga sebagai bentuk pencerahan tentang peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan oleh seorang sarjana Antropologi di masa mendatang,” ungkapnya.

Selain Staf Ahli Dirjen Kebudayaan, kuliah tamu juga diisi oleh kepala Balai Pelestarian Cagara Budaya (BPCB) wilayah Maluku Utara, Drs. Muhammad Husni, M.M. Pria yang senang bekerja sama dengan akademisi ini mengaku antropologi dan arkeologi adalah dua bidang ilmu yang saling melengkapi. Apalagi ini dipakai dalam urusan-urusan pelestarian dan pemanfaatan benda-benda cagar budaya.

Sekadar diketahui, kegiatan kuliah tamu ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor bidang Akademik Universitas Khairun, Dr. Suratman Sudjud. “Kegiatan ini sangat bagus karena dapat menciptakan iklim akademik yang lebih baik,” katanya memberi apresiasi. Selain Wakil Rektor, turut hadir pada kuliah tamu itu ketua LP3M Universitas Khairun sekaligus dosen senior FIB, Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum

Kegiatan kuliah ini juga dirangkaikan dengan penandatangan nota kesepahaman antara FIB dengan BPCB. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *