16 Mahasiswa FIB Terlibat Ekspedis Jalur Rempah

Info Fakultas

FIB, UNKHAIR – Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menyelenggarakan ekspedisi jaur rempah tahun 2018. Tahun sebelumnya, kegiatan ini dipusatkan di Ambon, Maluku. Tahun ini, lokasi kegiatan ditempatkan di empat daerah yang dikenal sebagai asal-muasal empat kerajaan di Maluku Utara. Keempat lokasi tersebut adalah Kota Ternate, Kota Tidore, Jailolo (Kab. Halmahera Barat), dan Makeang (Kab. Halmahera Selatan).

Peserta kegiatan berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Dari sekian jumlah peserta tersebut, sebanyak 16 orang mahasiswa berasal dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Khairun (Unkhair) Ternate. “Rencananya mereka akan mengikuti kegiatan selama beberapa hari mulai dari tanggal 28 September sampai dengan 10 Oktober,” sebut Andi Sumar-Karman, S.Sos., M.A, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIB.

Berdasarkan informasi yang didapat, kata Cuma, begitu sapaan Andi Sumar-Karman, tanggal 28 september, para peserta akan dikarantina selama sehari penuh. “Ini dilakukan agar mahasiswa diberi pemahaman tentang manfaat kegiatan ini sekaligus mendapat arahan mengenai tugas yang harus dilakukan selama belajar bersama masyarakat. Beberapa di antara yang saya dengar, mahasiswa

Akan membuat esay dan video tentang topik yang didapa saat berada di lapangan,” imbuhnya.

Terpisah, ketua Program Studi Sejarah, FIB, Unkhair, Irfan Ahmad, S.S., M.A. menuturkan bahwa

selama ekspedisi dilangsungkan, para peserta akan tinggal bersama masyarakat lokal yang ada di empat daerah tersebut. “Mahasiswa harus dibiasakan hidup dan tahu tentang kehidupan masyarakat. Untuk mengenal masyarakat, mahasiswa atau peserta ekspedisi harus tinggal di rumah warga,” terangnya.

Lebih jauh, Irfan menjelaskan, kegiatan ekspedisi dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran generasi muda mengenai wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Kegiatan ini juga merupakan upaya Direktorat Sejarah untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, 16 mahasiswa FIB UNKHAIR yang ikut ekspedisi tersebut adalah:

  1. Jihan Jamila Siti Hajar Syah,
  2. Safril Mahmud,
  3. Risman Sapsuha,
  4. M Rais Talalubae,
  5. Jumrin Losen,
  6. Asyudin La Masiha,
  7. Shalehuddin Usman,
  8. Diana Pondang,
  9. Andi Jamrut,
  10. Fahmi Sahabu,
  11. Hasanudin Sangaji,
  12. Iswandi Jamaludin,
  13. Mitha Tri Cahyani,
  14. Muhammad Sofyan,
  15. Rahmat SH Kadir,
  16. Lidyana La Madiani. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *