Mahasiswa FIB Jalin Keakraban Melalui PAJ

FIB, UNKHAIR – Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Khairun (Unkhair) menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Alam Jurusan (PAJ) kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini dilangsungkan selama dua hari, sabtu dan minggu (22-23/9/2018), di Pantai Tobololo, Kecamatan Ternate Barat.

Tampak di pantai itu, ada empat jurusan yang menyelenggarakan kegiatan tersebut, yaitu Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Ilmu Se;jarah, dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW). “Kami sama-sama melaksanakan PAJ di sini (pantai Tobololo), tetapi kegiatan masing-masing jurusan,” kata Dwi Nur Septianingsi, ketua panitia PAJ Sastra Inggris.

Kegiatan ini diselenggarakan setiap ada penerimaan mahasiswa baru dan lokasi kegiatannya berubah-ubah bergantung pada kesepakatan Himpunan Mahasiswa Jurusan dan panitia penyelenggara. “Sebenarnya kami tidak janjian dengan jurusan lain untuk buat kegiatan PAJ di sini (Tobololo), tetapi karena PAJ saat ini dilaksanakan pada saat perkuliahan juga sudah berjalan sehingga kami pilih lokasi yang dekat agar tidak mengganggu proses perkulihan kami,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Jihan Jamila Hajar Syah, sekretaris panitia PAJ Sastra Inggri menjelaskan, kegiatan PAJ penting dilakukan oleh setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) untuk mengenalkan dunia kampus kepada mahasiswa baru. “Biasanya teman-teman yang baru kuliah masing sering bingung dengan dunia kampus jadi ini adalah wadah untuk memperkenalkan kampus kepada mereka,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Jihan, PAJ juga penting karena biasanya interaksi antara mahasiswa baru dengan seniornya sering ringkih karena ada mistifikasi senior lebih tahu atau lebih hebat dari pada mahasiswa baru. “Dengan begitu, antara senior dan junior sering canggung. Untuk itu PAJ juga penting untuk membangun solidaritas antarangkatan,”imbuhnya.

Untuk kepentingan itu, selain mendapatkan sejumlah materi, kegiatan PAJ juga diisi dengan beberapa permainan yang dapat mengakrabkan antar angkatan. “Game yang kita main itu di antaranya, Wishper (berbisik) dan Guessing words (tebak kata),” sebutnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *