Etnohistori Gelar Pelatihan E-Journal

Info Fakultas

FIB, UNKHAIR – Di era digital saat ini, kita tidak bisa menampik bahwa teknologi adalah bagian penting bagi kehidupan. Di dunia kampus, teknologi sudah menjadi indikator kemajuan. Kampus yang masih gagap teknologi sering dianggap ketinggalan. Untuk itu, saat ini setiap kampus berlomba mengembangkan sistem teknologi digital dalam berbagai urusan kampus. Salah satunya adalah e-journal, yaitu publikasi ilmiah dalam bentuk elektronik dan mempunyai ISSN (International Standard Serial Number) dengan format dokumen biasanya PDF.

Di Universitas Khairun, terutama Fakultas Ilmu Budaya (FIB), system publikasi jurnal, selain dalam bentuk cetak, juga sudah dibuat dalam bentuk elektronik. Namun yang menjadi kendala, masih ada beberapa dosen yang belum  mengetahui cara mengirim jurnal via elektronik. Menanggapi fakta itu, pengelolah Jurnal Etnohistori (salah satu jurnal di FIB), Dr. Arlinah, menginisiasi pelatihan mengenai cara mengirim jurnal dalam format elektronik kepada sejumlah dosen FIB di gedung rektorat, jumat (21/9/2018). Hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, ketua UPT TIK, Unkhair, Mohammad Jamil, S.T., M.T.

“Kalau satu per satu datang tanya tentang e-journal ke Pak Jamil kadang kita tidak ketemu karena beliau juga ada urusan lain, tapi kalau Pak Jamil kita hadirkan dalam satu kegiatan pertemuan begitu pasti beliau datang dan lebih hemat karena ada banyak orang yang dengar dan langsung tahu,” jelas Arlinah.

Penting dosen mengenal e-journal, menurut Arlinah, karena  ada keuntungan yang bisa dirasakan oleh pihak pengelola dan penulis e-journal. Bagi pengelola, proses penerbitan cepat, biaya penerbitan dan pengelolaan murah, distribusi cepat, murah, dan dapat diakses kapan saja. Sementara, bagi penulis, kelebihan yang didapat adalah keputusan penerimaan tulisan lebih cepat dan lebih banyak orang yang membaca tulisan sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *