27 Mahasiswa FIB Ikut Sertifikasi Pemandu Wisata

FIB, UNKHAIR – Sebanyak 27 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Khairun (Unkhair) mengikuti sertifikasi atau uji kompetensi pemandu wisata. Kegiatan yang diinisiasi Program Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata (UPW) ini dilangsungkan di Aula Nuku, gedung Rektorat lantai 4  pada hari sabtu beberapa waktu lalu (25/08/2018).

Lembaga yang diundang untuk melakukan sertifikasi adalah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lampung. Menurut Ketua Program Studi UPW, Rahma Do Subuh, S.S., M.Hum, kegiatan ini dilakukan untuk  mengukur tingkat kemapuan mahasiswa UPW dalam hal pemanduan. “Para mahasiswa ini, setelah lulus mereka akan bekerja disektor jasa wisata. Untuk itu, teknik dan kemampuan memandu adalah modal penting bagi mereka dalam melayani tamu yang ditangani,” terang Ibu Ama, begitu Rahma Do Subuh disapa.

Dalam hal pemanduan wisata, Rahma menjelaskan bahwa mahasiswa Sastra Inggris juga memiliki peluang besar untuk menjadi pemandu. Untuk itu, pada kesempatan sertifikasi yang dilaksanakan, beberapa mahasiswa Sastra Inggris juga dilibatkan dan masuk dalam 27 mahasiswa yang ikut sertifikasi tersebut. “Hasilnya masih sementara proses, LSP akan menyampaikan hasil uji kepada kami (UPW) nanti,” tuturnya.

Sekadar diketahui, sertifikasi kompetensi pemandu wisata adalah program sertifikasi kedua bagi program studi UPW. Sebelumnya, UPW juga melakukan kegiatan sertifikasi tour operation. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *