Seminar Proposal, 10 Judul Penelitian FIB Diberi Pembobotan

FIB, UNKHAIR – Setidaknya 10 proposal Penelitian Kompetitif Unggulan Perguruan Tinggi (PKPUPT) di tingkat Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Khairun (Unkhair), 2018, mendapat masukan – untuk perbaikan – dari reviewer. Ada dua orang reviewer yang ditunjuk langsung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Unkhair untuk merevisi proposal penelitian FIB.  Mereka adalah (1) Dr. Sahril Muhammad  dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan (2) Dr. Farida Maricar dari FIB, Unkhair.

Sebelum mendapatkan masukan, setiap tim peneliti menyajikan proposal penelitiannya lalu ditanggapi oleh reviewer. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang dosen FIB, Selasa (4/9/2018).

Menurut Wakil Dekan II, FIB, Hi. Ismail Maulud, M.Hum, meskipun 10 proposal tersebut sudah lulus desk evaluation tetapi tetap menyajikan proposalnya. “Ini penting untuk pembobotan proposal yang diajukan,” tegasnya.

Hal yang mengemuka pada saat penyajian proposal, selain persoalan penelitian juga  soal anggaran penelitian. “Penelitiannya bagus-bagus tapi saya lihat anggarannya masih sangat kecil. Semoga fakultas (FIB) bisa tambahkan anggarannya,” kata Sahril, reviewer.

Mendengar pernyataan Sahril tersebut, Wakil Dekan II mengatakan bahwa anggaran yang ada disesuaikan dengan pagu anggaran fakultas (FIB). 

Sekedar diketahui, 10 judul penelitian tersebut adalah:

  1. Variasi Bahasa Lisan Pedagang Kaki Lima di Pasar Bastiong (Suatu Tinjauan Sosiolinguistik);
  2. Analisis Mitos pada  Advertensi Jamu Kuat: Pendekatan Semiologi Roland Barthes;
  3. Struktur Bahasa dan Sikap Penerimaan Bahasa Etnik Lain oleh Masyarakat Ternate;
  4. Pariwisata Berbasis Masyarakat Community Based Tourism (Studi Antropologi pada Objek Wisata Jikomalamo);
  5. Dari Bahasa Galela ke Bahasa Ternate (Kajian Pergeseran Bahasa pada Masyarakat Tutur di Desa Lemo-lemo);
  6. Membedah Dinamika Sosial Politik Kesultanan Jailolo 2003-2017;
  7. Penanda Kata Ganti Orang Dalam Bahasa Ternate;
  8. Eksistensi dan Nilai Budaya pada Permainan Tradisional di Ternate;
  9. Penggunaan Frase Kata Benda Subyek dan Pronomina Subyek pada Skripsi Berbahasa Inggris Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Kota Ternate;
  10. Analisis Pengembangan Produk Wisata Sejarah Benteng Toluko terhadap Motivasi Kunjungan Wisatawan Domestik di Kota Ternate. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *