Sarasehan, Pimpinan FIB Hadir sebagai Trio Pembicara

Info Fakultas

FIB UNKHAIR – Tiga orang pimpinan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Khairun (Unkhair) diundang Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara sebagai pembicara pada kegiatan sarasehan kearifan lokal dan keserasian sosial yang digelar di hotel Yusmar, Sofifi, ibu kota provinsi Maluku Utara. Mereka adalah dekan FIB Unkhair, Drs. Fachmi Alhadar, M.Hum; wakil dekan bidang kemahasiswaan, Andi Sumar-Karman, S.Sos., M.A; dan kordinator Program Studi (Prodi), Safrudin Abdulrahman, S.Sos., M.A.

Selain ketiga pembicara dari FIB yang hadir sebagai akademisi dan peneliti, hadir pula dua pembicara dari pihak lain. Pembicara dari Kementerian Sosial RI, Kasubdit Pencegahan Konflik Sosial, Datuk Helmi, dan pembicara dari Kepolisian Daerah Maluku Utara, Andi Ikhsan.

Kegiatan yang dilangsungkan selama dua hari (25-26/5/2018) ini menghadirkan 40 peserta yang berasal dari tiga kabupaten/kota, yakni Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Halmahera Barat. Para peserta itu merupakan perwakilan dari tokoh adat, agama, pemuda, dan unsur pemerintahan yang diwakili SKPD terkait di tiga kabupaten/kota tersebut.

Dekan FIB, Fachmi Alhadar, tampil membawakan makalah yang berjudul “Kearifan Lokal dan Pembangunan Sosial: Maluku Utara sebagai Konteks,” sementara dua penggawa antropologi, FIB, Unkhair, Safrudin Abdulrahman dan Andi Sumar-Karman, secara bergilir mewedarkan dua makalah dengan judul “Kearifan Lokal dan Penanganan Konflik Sosial,” dan “Deteksi Dini Konflik Sosial”.

Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi ini, menurut Andi Sumar, dimaksudkan untuk menghimpun informasi dari masyarakat melalui para tokoh yang diundang pada kegiatan tersebut. “Berbagai informasi yang didapat akan dijadikan model pencegahan dan penanganan konflik sosial di Maluku Utara,” katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus menjadi wadah sosialisasi kebijakan pemerintah, khususnya Dinas Sosial, tentang pentingnya membangun tata hidup sosial yang harmonis. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *